Interview Tuk Jadi Journalist

Saya kaget mendapat telpon yang tidak bisa langsung saya jawab karena masih berada di dalam ruang seminar. Memang waktu itu saya sedang melihat rekan saya yang seminart Tugas Akhirnya. Setelah 2 kali telpon berdering dan tidak saya angkat. Ternyata no tersebut telpon kembali untuk yang ketiga kalinya. Akhirnya saya keluar dari Ruangan untuk menjawab telpon tersebut. Dan ternyata yang menelpon saya adalah seorang wanita :

Wanita : mas jumari ya??

Saya : Iya benar, Ini siapa ya??

Wanita : kita dari Surabaya Post, Mas jumari bisa hadir hari Jumat besok pukul 13.00 WIB    untuk interview.

Saya : Oh iya, Saya bisa menemui siapa ya waktu interview nanti???

Wanita : Dengan bapak Hambali. Mas jumari sudah tahu alamat Surabaya Post??

Saya : Sudah tahu mbak, yang dekat jalan HR. Muhammad itu kan???

Wanita : Iya Benar.

Saya : Oke, makasih ya mbak.

Wah ternyata surat lamaran saya yang sudah 2 minggu saya kirimkan ternyata di tanggapi, Surat lamaran tersebut saya buat untuk melamar lowongan sebagai wartawan di surabaya post.

Sempat mikir juga, anak teknik kok mau jadi wartawan. Selain ingin jadi seorang Insinyur, cita cita kecil saya adalah menjadi wartawan. Semoga nanti waktu interview bisa cocok dan juga bisa menjadi seorang wartawan.

Ini adalah interview saya yang pertama dalam mencari kerja, Sempat bingung ntar kondisinya seperti apa dan juga yang di tanyakan apa. Akhirnya saya banyak bertanya pada rekan -rekan wartawan teman saya. Mereka dulu aktif bekerjasama dengan saya ketika saya Aktif di Organisasi Mahasiswa di ITS baik Himpunan jurusan maupun ketika di BEM ITS. Mereka adalah ARA (wartawan Jawapos), Mbak Rika (eks Wartawan Jawapos) dan Muning (Eks Wartawan Suara Surabaya). Banyak hal-hala yang saya tanyakan pada mereka. Mulai dari aktivitas wartawan dan juga gaji wartawan. Bukan karena terlalu memandang gaji seorang wartawan, akan tetapi lebih ke waktu interview nanti bisa menjawab karena sudah tahu referensi gaji seorang wartawan di Surabaya.

Kalau ternyata gagal dalam interview nanti, paling tidak sudah mempunyai pengalaman dalam dunia interview. Dan insyaallah Tuhan punya rencana yang lain buat saya. Mungkin tetap jadi penulis lepas (baca : Blogger) di www.jumarihidayat.wordpress.com. Ataupun jadi penulis untuk media-media cetak yang ada di Surabaya seperti yang sedang saya geluti saat ini.

6 Responses

  1. jumari selamat yah, semoga sukses…
    sebut aja namaku 3 kali
    pasti tidak akan ngaruh apa2😀 hehehe

  2. mas juma congrat ya karna ini dah mendapat kesempatan menjadi jurnalis meski baru tahap interview…
    Jurnalis adalah pekerjaan yang butuh kekuatan fisik dan pikiran. Setiap hari dituntut memberikan berita yang berkualitas dengan independensi seorang wartawan.
    I hope u can be a good journalist..
    Welcome in the jounalist world…
    Enjoy it

  3. makan2 deh kalo diterima yach :p

  4. Jangan lupa makan-makannya, ya…😀

  5. alhamdulillah….
    mas, klo ada apa-apa silahkan contact saya ya?
    saya insyaallah siap membantu.
    lhoo..hehehehe

    selamat mas, semoga berhasil

  6. hemmm.. si mas pengen jad juru nulis ya ???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: