Almira Qurratuain, Bayi Umur 4 Bulan Naik Pesawat

Akhir  tahun 2011 menjadi pengalaman naik pesawat yang luar biasa bagi ku. Tepat tanggal 24 desember 2011 saya beserta istri saya tercinta “Sarah” dan Anak pertama “Almira” mudik dari jakarta menuju kota indah nan penuh pesona yang bernama Surabaya. Kenapa hal ini menjadi menarik? Proses menerbangkan bocah usia 4 bulan ini yang menjadikanpengalam menariknya.

Beberapa hari menjelang keberangkatan saya coba cari-cari artikel tentang bayi usia berapa minimal boleh naik pesawat. Sebagai ayah yang baik saya jelas tidak ingin kenapa-kenapa dengan anak saya akibat effek naik pesawat. Seandainya saya punya kekuatan super seperti supermen maka saya tak akan susah-susah untuk menerbangkan anak dan istri saya ke surabaya. Tinggal bretttt (nyampe di surabaya). Sedikit berhalusinasi tak apa apa asal gak keseringan.

Diinternet banyak disebutkan minimal 3 bulan boleh naik pesawat asalkan kondisi anak sehat (bukti dari dokter anak bukan dari dokter hewan) dan buat surat pernyataan bahwa anak boleh terbang. Tak terlalu pikir panjang langsung janjian sama dokter untuk periksain si kecil Almira Qurratuain.

Dokter  : silahkan pak & bu, sakit apa dedeknya?

Saya  : ini dokter, sebenarnya kami datang untuk meminta surat keterangan sehat untuk anak saya karena kami akhir tahun ini akan holiday ke hawai..(wuek pret…..) ke surabaya aja bilang mau ke hawai.

Dokter : mau ngapain ke hawai pak? Wah enaknya ya…dapat undian berhadiah ya?

Saya : kebetulan saya asli sana dokter jadi kami mudik akhir tahun ini.

Dokter : ^%^%&$%$ (bingung mana ada orang hawai kayak gini)

Saya : bisa segera di cek tidak dokter? Losstime nih terlalu lama basa basi…

Akhirnya surat keterangan sehat kami dapatkan juga.

Pada saat hari H keberangkatan, kami ketika menuju tempat menunggu pesawat di suruh tanda tangan surat pernyataan yang menyatakan anak kami bisa terbang. Tanpa dibaca langsung saja saya tanda tangani.

Istri saya : Ayah dah baca dengan seksama tadi dokumen  yang di tanda tangani isinya apa saja?

Saya : paling paling surat pernyataan kalau dedek kenapa2 dengan penerbangan ini kita tidak bisa claim ke maskapainya.

Istri Saya : Ayah kok tenang gitu? kalau isi penyataan salah satunya berbunyi  seandainya dedek nangis di dalam pesawat kena denda 500 ribu, eek di popok dalam pesawat denda 1 juta gimana?

Saya : bimbang….(masak ada ya isi pernyataan kayak gitu). Percaya saja deh bunda. Apa kata Tuhan saja.

Pada saat akan take off. Biasa, Bismillah dan dzikir selalu terucap. Dan teringat film Final Destination 5. Wueh…makin dag dig dug (walaupun dah naik pesawat yang ke 9 kali ini).

Strategi untuk almira supaya tidak nangis mulai diatur. Kasih almira susu. Biar kondisi bayi terus menelan cairan. Pertama berhasil, tapi Cuma bertahan sebentar saja. Karena pada saat mesin pesawat mulai berisik, dia mulai menangis. Senjata terakhir saya pakai. Saya gunakan ear plug yang biasanya saya pakai buat kerja. Ear plug saya tutupkan ke telinganya sambil saya pegangin selama perjalanan. Hasilnya luar biasa..Anak saya tidur pulas dan baru bangun ketika nyampe bandara International Juanda.

Pada saat di dalam pesawat pastikan ear plug tidak pernah lepas dari telinga bayi, karena pada saat pulang dari surabaya ke jakarta. Waktu di dalam pesawat sempat satu ear plug lepas. Dan hasilnya spontan…nangis menjerit jerit si bidadri kecilku.  Alhamdulillah perjalanan itu tidak tidak berefek pada pertumbuhan bidadari kecilku.

About these ads

12 Responses

  1. ym apa jum?

    hidayat_its

  2. menarik ceritanya…salam kenal yaa..

    like dizz yo.lam kenal too

  3. makasih udah share pengalamannya yaaa…enaknyaaa,umur 3 bulan udah naik pesawat yaaa…aku pertama kali naik pesawat umur 20 thn ke atas…

    don’t wt

    orry…ayahnya mira juga diatas umur 20 thn baru naik pesawatnya. and sekarang sudah 10 kali lebih naik pesawa

  4. saya aja yang udah berumur 23 thn mau ke 24 thn belum pernah naik pesawat,malah amira yang baru berumur 4 bulan dah naik pesawat…….

    ya….itu;ah kamu NDESO..DEDE SANTOSO..wakakakkkk

  5. Semoga perjalannya tidka menempuh mabatan dan bayi anda tetap baik dan tidak rewel..

    amiiiiin

  6. Salam Kenal Ya Untuk Semuanya.. :)

    :) salam kenal juga

  7. boleh juga pengalamannya nih, karena sy berencana ke pulau Lombok awal september ini menghadiri pernikahan kakak. semoga perjalanannya lancar dan selamat hingga tiba kembali ke jakarta. Amiin!
    nervous juga nih,,krn sy juga baru pertama kali pergi dgn pesawat.. :))

    amin…moga lancar perjalanannya

    • thanx infony,sy jg lg dag dig dud duer neh..masalahny mo bawa baby sy yg berumur 3,5 bln naik pesawat,akhir bln ini.perjalanan yg jauh dr jkt-jepang membuat sy kwatir skali.takut terjadi apa2 terhadap baby sy.ada yang punya info dtoko ato no tlp yg bs dhubungi sekitaran jkt dan sekitarny yg menjual ear plug.please share ya…

      semoga lancar perjalanan dengan baby nya.Amin

  8. Aduh aqu juga bingung nech mau bwa anak naek pesawat skrg usianya bru 3 bulan kurang

    jangan bingung…ke dokter saja

  9. beli earplug buat dimana ya?

    di internet bisa

  10. wahhh bener gan,, kali aja ada eraturan nagis didenda 1jt,, hehe

    lagi dibahas di rapat paripurna aturannya…tunggu aja.wekekekekekkk

  11. mana fotonya mira pake ear plug mas? agak gambling juga mo modik lebaran pake pesawat ato kereta. soalnya kereta lama beudd….

    ups….maaf adek kecil lupa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: